Lagi Lagi Membahas Alay… *sigh*

Gw abis Browsing2 gak jelas tiap malam..
tiba2 temen gw ngebuzz YM gw dan ngasih link berisi tulisan..
isinya:


Keterangan:
Karena mungkin efek sinetron atau apa saja yg mempengaruhi mental kita yg menjadi-jadi dan semakin
parah, mungkin ada diantara kita semua sifat2 dibawah ini:

1. selalu ngerasa paling tau tentang musik.

2. tongkrongannya di pinggir pinggir jalan (yang cewek godain cowok,yang cowok godain cewe yang lagi lewat)

3. kalo di mall selalu bawa headset buat dengerin lagu lewat handphone(suka pamer ga jelas & sok asik gitu deh). please deh, kan ada lagu2 yg d stel d mall

4. sok EMO tapi ditanya sejarahnya emo ga tau.

5. sok pengen ‘gaul’ mau ngikutin tren yang sekarang tapi LEBAY parah(cth: nge-mix baju ga kira kira ; baju ijo, celana kotak kotak, sepatu merah,kacamata biru! NORAK !)

6. dimana mana SELALU ada acara yg namanya ‘putu putu narziz’ (entah itu di sekolah, WC, mobil, kamar, stasiun, angkot,dll).

7. fotonya ga nahan smua! (dengan gaya di imut imutin,dideketin lampu biar ‘terang bgt’,foto deket bgt dari wajah *biar jeleknya ga keliatan*,foto dari atas *biar kelihatan keren kali ya*,dll..pokoknya yang bisa bikin ENEG semua orang.kamera VGA aj sok sokan)

8. buat cewek tiap hari kerjaannya ngomongin ttg cowooooooooo mulu! (cth: eh tau ga si A tadi gini loh sama gue hahaha lucu bgt ya? *ga lucu!)

9. buat cowok..tiap hari kerjaannya cari musuh (ribut) mulu sama temen temen cowoknya yg lain *biar dianggep keren gitu*

10. di friendster.. bagi yang cewek di featurefriend nya majang cowok cowok ganteng semua *meski ga kenal,biar dianggep cantik & gaul* kalo yg cowok ya majang featurefriendnya cewek semua*walau ga kenal* biar dikata cowok ganteng. IH JIJAY!

11. T U L I S A N
> – iya : ia, iaa, ay, etc
> – kamu: kamuh, kammo, kamoh, kamuwh, kamyu, qamu, etc
> – aku : akyu,aq,akko,akkoh,aquwh,quh, etc
> – maaf: mu’uph,muphs,maav,etc
> – sorry: cowyie,cory,tory(?),etc
> – add : ett,etths,aad,edd,etc
> – for : vo,fur(zz),pols,etc
> – lagi : agi,agy, etc
> – makan: mums,mu’umhs,etc
> – lucu : lutchuw,uchul,luthu,etc
> – siapa: cppa,cp,ciuppu,siappva,etc
> – apa : uppu,apva,aps,etc
> – narsis: narciezt,narciest,etc
> – anak mana? : naq mnah?, etc
> – gw : w,wee, 9, 6, etc
> – dong : dunkz,dungs, etc
> – dan masih bnyak lagi!

12. suka ngirim bulbo ga jelas di fs :”akko onlenndh dcnniih” ato “ayokk perang cummendh cmma saiia” etc (paling parah lagi kalo ngirim bulbo dengan judul “BAJINGAN” tapi isinya kosong!) ih kampret bner deh tu orang orang alay.

13. kalo ada org yg cuman view profil kita , kita bilang gini : “hey cuman view nih?” ato “heey jgn cuman view doang,add dong! (kalo emang segitu pentingnya orang nge-ADD buat kita..kenapa kita ga nge-ADD dia waktu kita mau ngasih testi?)-__-

14. friendster dipenuhi glitter-glitter norak yang pastinya bisa ngerusak retina mata zz

15. kata /singkatan selalu diakhiri huruf z/s (cth : nama adalah talitra,dbuat jadi : talz. nama adalah niken,dibuat jadi qens..dsb!)

16. foto di friendster bisa nyampe 300 lebih padahal cuman foto DIRINYA SENDIRI

17. diam diam mengidolakan : kangen band,radja,ato bahkan GARNET BAND -_-

18. kalo udah nemu lawan jenis biasanya jadi lebay, ngerokok2, ngelawak jayus, bahkan terkadang dilanjutkan dengan poin nomer 2

19. tulisannya GedE-kEcIL norak

20. kemana-mana make boxer(biasanya gmbr ganja,biar di blg gaul),atasan sweater,ga lupa make topi gambar ganja jg biar d bilang petani ganja kali

21. naek motor pada blaga kebut2an ambil goyangin pantat biar dikira kayak pembalap. motorny gk pake spion,knalpot racing yg bkn kuping lo budek parah,gk lupa jg stiker ’46’ (biar diblg valentino rossi ya). biasanya dilakukan dengan efek menggoyang2kan bokong

22. klo jalan kaki psti rame-rame, trus tangannya ga bisa diem, suka metikin daon d pohon ato metik buah orang.

23. tiap malem minggu suka sok mabok di pinggir jalan, pdhl cma minum anggur kolesom.

24. rambutnya pirang matahari.dan kayaknya bau deh

25. kalo cowok biasanya pake baju ketat, terkadang tanpa lengan yang tujuannya entah pamer otot atau bulu ketek. celana tanggung kotak2 dan sepatu yg diinjek belakangnya tanpa kaos kaki.

26. kalo cewek biasanya pake baju yg sok2 kebuka warna ngejreng yang menarik perhatian(mau muntah), kadang pake sepatu plastik transparan.

27. jika anda perhatikan aksesoris mereka, memakai kalung rantai yg biasa d pake ******, gelang yg astaga bnyknya kayak dukun gypsi, dan kadang ada juga yang pake rantai dompet penghubung kemaluan dengan bokong mereka yang tujuannya entah untuk apa.

from : Fight Against Alay In Facebook – Basmi Alay yang Berkeliaran Di Facebook! – Kaskus – The Largest Indonesian Community

Addendum :
SEBENARNYA APA ITU ALAY??
Alay adalah singkatan dari Anak layangan, Alah lebay, Anak Layu, atau Anak keLayapan yang menghubungkannya dengan anak JARPUL (Jarang Pulang). Tapi yang paling santer adalah anak layangan. Dominannya, istilah ini untuk menggambarkan anak yg sok keren, secara fashion, karya (musik) maupun kelakuan secara umum. Konon asal usulnya, alay diartikan “anak kampung”, karena anak kampung yang rata-rata berambut merah dan berkulit sawo gelap karena kebanyakan main layangan.

YANG BAGAIMANA ALAY ITU?

* Versi A:
1. Suka banget pake tulisan atau teks yang GedE keCiL-gEdEkeciL
2. Sok bergaya Emo atau Harajuku tapi pas ditanya asalmulanya, gak tau sama sekali
3. Kalo sms atau ngirim komentar memakai bahasa aneh seperti, “aQuWh, maNi3eZz..”
4. Pokoknya gaya rambut si cowok persis kayak Kangen band. (buset dah…)
5. Kurus kerempeng, suka memegang rambut dan bermuka bokat
6. Beraninya kalo bikin ulah pasti barengan dan gak berani kalo sendirian
7. Sok kaya, sok imut, sok cantik, sok keren, sok gaul, sok techno padahal waktu ditanya kode HTML aja gak bisa
8.Suka melebih-lebihkan serta kangen-band

* Versi B
Alay itu orang kampung yang kampungan dengan dandanan kampungan, ngerti maksud saya? tidak semua orang kampung itu kampungan, contohnya si doel, walaupun namanya berkesan alay tapi karakternya tidak alay. nah orang kampung yang kampungan itu biasa disebut alay.

Perilaku yang tidak mencerminkan dirinya sebagai manusia yang benar, setidaknya berbuat benar. Contohnya : tawuran antar kampung atau antar sma, nongkrong di halte bareng geng alaynya sambil godain cewek, bergerombol di stasiun, di mall jelek, di pasar sambil ngerokok terus bicara dengan nada yang tidak bisa disebut tinggi tapi lebih tepat cempreng sambil ngata2in temen se gengnya dan tentu saja sebagian masih menggoda cewek yang lewat, kalo di bioskop suka nyari perhatian dengan suara cemprengnya komentar gak jelas ketawa berlebihan, dll.

* Versi C

Alay Cowok :
– Cowok2 pengkolan yg berdandan layaknya personel band emo
– Celana melorot, rambut kelimis diponi panjang menyamping, atribut anting2 dan tindik di sana-sini, padahal nggak cocok banget ma tampang.
– Rambut Polem (poni lempar)
– Rambut yang warnanya coklat tanpa di cat, postur badan yang cungkring
– Celana model hipster
– Kolor boxer kemana-mana
– Pake celana kedodoran, atasan jersey hockey palsu lengkap dengan blink2 palsu dan hair net
– Fansnya kangen band, ST12 dan band2 macem kaya gitu and hapal semua lagu2nya

* Versi D
Alay Cewek :
– Pake celana skini warna-warni
– Pake celana skini kotak-kotak
– Tulisan dobel dobel (saiianc, agku, kidta, smuaa, cpe ddeuh..)
– Banyak banget aksesoris di profile FS nya. udah gitu penulisannya huruf gede kecil.
– About me-nya itu looh, sok sok yang “aku ntu imut, aku ntu baik, kata orang sih aku cantik…………”

gw setelah selesai membaca mulai sadar kalau ini adalah hal yang berlebihan..
dan sangat amat egois.

Tadinya gw juga suka ngata2in alay dsb dst..
jujur ini memang efek Mass media..
Semua kerusakan dalam Style ini mungkin bisa jadi Culture yang bertabrakan dari timur dan barat..
gw sendiri kebetulan sering tugas ke Filipina.. jadi gw tau gimana kalau ada culture Clash yang bener2 parah..
Di filipina banyak

Anyway gw pernah berdebat sama temen gw reiner waktu lagi nongkrong di
starbucks citraland.. kebetulan ada anak yang dikategorikan alay sama temen
gw lewat di parkiran…

Dia bilang begini:
“haiyah.. another God mistake..” sambil mencibir ke alay
“whats wrong with them?” jawab gw santai..

terus dia langsung matiin rokoknya.. kalau reiner udah matiin rokoknya berarti
dia mau bicara panjang x lebar x Sisi..
dia pun bersabda.. “mereka terlalu mau gaya kata dia sambil menghirup kopi”
gw pun ngomong kalau itu nggak masalah.. Semua orang mau gaya..
Semua orang mau dilihat..

dan reiner langsung memotong pembicaraan gw dan bilang
“masalahnya mereka gak punya uang!”
dan detik itu gw tersadar.. oh my God..

Sepicik itunya kah kita ngejudge orang?
apa orang yang gak punya uang gak boleh gaya?

Terlepas dari sakit mata dan infeksi akut saat bersentuhan kulit dengan
alay yang resiko menularnya 87% (lewat udara sentuhan serta Selera)

kita gak boleh sepicik itu menilai orang!
bisa aja seorang alay itu punya cerita hebat!
misalnya hobi ngomongin orang dan godain cewek2 di jembatan lima..
atau mungkin dia sebenarnya seorang Pemuda harapan bangsa (dan neraka)
yang senang menjajakan lagu2 kloningan sana sini ke masyarakat.

terlepas dari itu semua kita tidak berhak menilai seseoang alay atau bukan.
Hanya karena status ekonomi kita yang lebih baik. karena itu salah.
Dan ini jauh lebih salah daripada ngatain seseorang Gay.

in which any case..
sekarang ngatain alay terlalu luas..
Semua orang yang gak sama seleranya dengan kita asal kucel dikit
dibilang alay.. itu kesannya egois sekali..

Jangan kata2in orang alay..
thats not a proper ethique

ps:tapi gw setuju bila mereka di GENOCIDE sekalian.

  1. #1 by andihendra on 4 Januari 2011 - 1:58 AM

    Setuju banget mas
    meskipun saya bukan orang alay,
    tapi kasihan juga orang yang mencap rendah orang lain karena beda penampilan
    terlalu sempit pemikirannya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: